Berita Fakultas




FIO UNESA Kedatangan Tamu Dari Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha Dalam

oleh: Admin      Tanggal: 18-03-2019      5 pembaca

Kamis, 14 Maret 2019, FIO UNESA kedatangan tamu yang luar biasa, yaitu dari Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha (FOK UNDIKSHA), Bali. Acara yang diadakann di ruang Auditorium FIO UNESA lantai 3 tersebut, berlangsung sangat ramai. Karena dihadiri oleh 350 mahasiswa UNDIKSHA beserta dekan dan beberapa tendik & dosen, BEM dan dosen dari FIO UNESA.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu indonesia raya, dilanjutkan dengan sambutan oleh Bpk. Gatot Darmawan, M.pd selaku Wakil Dekan 1 dan sebagai perwakilan Dekan. Kemudian dilanjutkan denga sambutan oleh Dekan UNDIKSHA, Bpk I Ketut Budaya Astra, S.Pd., M.Or. Dalam sambutannya, beliau sangat senang karena FIO UNESA dengan senang hati menerima kunjungan dari UNDIKSHA, dan beliau akan senang hati pula menyambut FIO UNESA jika akan berkunjung ke UNDIKSHA,Bali. Setelah melakukan sambutan, acara disambung dengan pemberian cinderamata dari UNDIKSHA untuk FIO UNESA, dan Wakil Dekan 1, Bpk. Gatot Darmawan, M.PD juga memberikan beberapa cinderamata untuk UNDIKSHA yang diterima langsung oleh Dekan UNDIKSHA.

Setelah pemberian cinderamata, acara berikutnya diisi dengan kuliah umum, yang disampaikan oleh dosen FIO UNESA, yaitu Bpk. Hijrin Fitroni, S.Or., M.Pd dengan tema "Trend Aplikasi Android". Pemateri kedua disampaikan oleh Ibu Dwi Lory Juniarisca, S.Pd., M.Ed. dengan tema "Peningkatan Motorik Melalui MODEREN Bagi Siswa TunaGrahita". Dan pemateri terakhir disampaikan oleh Bpk. Kunjung Ashadi, S.Pd., M.Fis., AIFO dengan tema "Gym Ball Indonesia Sebagai Salah Satu Bentuk Produk Dosen FIO UNESA". Pada sesi terakhir kuliah umum tersebut, beliau juga membagikan beberapa buku mengenai Gym Ball, dan melakukan praktek mengenai penggunaan Gym Ball sebagai sarana olahraga dengan bantuan salah satu mahasiswa UNDIKSHA. Selain mengikuti kuliah umum, sebagian mahasiswa UNDIKSHA menyaksikan dan mengikuti laga persahabatan futsal dengan mahasiswa FIO UNESA (DIK/ARK)

 

 

 

.



Informasi Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI) Bagi Mahasiswa Bidik Misi dan Afirmasi Gelombang I-IV

oleh: Admin      Tanggal: 15-03-2019      37 pembaca

INFORMASI PELATIHAN KARYA TULIS ILMIAH (PKTI)
BAGi MAHASISWA BIDIK MISI DAN AFIRMASI GELOMBANG I-IV

Yth. Mahasiswa Bidik Misi dan Afirmasi Angkatan 2017
Pejuang PIMNAS Unesa

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa bidik misi dan afirmasi angkatan 2017, Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI) gelombang I-IV akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal    :

Gelombang I, Jum’at-Minggu/05-07 April 2019
Gelombang II, Jum’at-Minggu/12-14 April 2019
Gelombang III, Jum’at-Minggu/26-28 April 2019
Gelombang IV, Jum’at-Minggu/03-05 Mei 2019
Tempat    :    Hotel Ayana trawas
Jalan Udayana – Trawas No. 11 Desa, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur 61375
Keberangkatan    : Hari Jum’at Pukul 07.00 Berkumpul di Gedung Rektorat Kampus Lidah Wetan

Berikut informasi seputar PKTI:
1.    Seluruh mahasiswa bidik misi dan afirmasi angkatan 2017 wajib mengikuti PKTI dan wajib mendaftarkan judul PKM 5 Bidang melalui form online paling lambat hari Kamis tanggal 28 Maret  2019 Pukul 23.59 WIB.
2.    Setiap mahasiswa wajib mengumpulkan draf proposal PKM sesuai pedoman, dan sudah ditanda tangani dosen pembimbing ke bidang kemahasiswaan masing masing fakultas paling lambat hari Jum’at tanggal 29 Maret 2019 pukul 15.00 WIB rangkap 1 tanpa dijilid.
3.    Draf proposal dibuat secara individu bukan berkelompok. Satu mahasiswa satu proposal. Pada Bagian Pojok Kanan Atas Cover proposal ditulis Gelombang
4.    Setiap mahasiswa wajib membawa draf proposal PKM sesuai pedoman dan skim yang dipilih pada saat pelatihan.
5.    Mahasiswa wajib membawa laptop dan dibawa ke aula pada saat pelatihan.
6.    Membawa obat-obatan pribadi bagi yang memiliki penyakit khusus.

 

Link Dokumen Pendaftaran,informasi DLL berada di :

https://drive.google.com/drive/folders/1xeDNNUj9k_PC40RYCfROH9x56cxO6hy5

.



88 Mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga diYudisium pada yudisium ke-1 Tahun 2019

oleh: Admin      Tanggal: 18-02-2019      39 pembaca

88 mahasiswa dari 3 jurusan Fakultas Ilmu Olahraga UNESA dinyatakan lulus dalam yudisium ke-1 tahun 2019yang dilaksanakan di lantai 3 auditorium FIO, rabu (13/2) siang.Pada acara yudisium ini dihadiri oleh senat,kaprodi dan juga para dosen dari masing-masing jurusan

Acara dibuka oleh dekan fakultas ilmu olahraga yang kemudian dilanjutkan dengan prosesi pembacaan nama-nama mahaiswa yang lulus dari masing-masing jurusan dan penyerahan surat kelulusan oleh dekan.

Setelah prosesi penyerahan surat kelulusan kepada mahasiswa masing-masing jurusan, dilanjutkan dengan prosesi penyerahan sertifikat kepada 3 mahasiswa peraih IP tertinggi yakni Rahmawati Al Adha Nikmah dari Jurusan Pendidikan Olahraga, Alisha Firma Dhita dari jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, dan Reza Retno Utami Dewi dari jurusan Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi. Untuk pamuncak fakultas ilmu olahraga diraih oleh Alisha Firma Dhita dengan indeks prestasi 3.76.

acara yudisium pun berlangsung khidmat dan ditutup dengan ramah tamah dan foto bersama.

.



TIm Sepak Takraw UNESA Menyabet Medali Perak Dalam Ajang Asean University Game 2018 ke-19

oleh: Admin      Tanggal: 26-12-2018      154 pembaca

Tanggal 10-19 Desember 2018 kemarin, diadakan Asean University Game (AUG) 2018 ke-19. Pertandingan tersebut dilaksanakan di Nay Pyi Taw Myanmar sebagai ajang untuk memberikan kesempatan kepada atlit-atlit yang masih berada di jenjang pendidikan sekolah maupun universitas untuk menunjukan bakat mereka, selain itu acara AUG ini juga digunakan sebagai ajang untuk para atlit berinteraksi ataupun belajar mengenai budaya negara-negara ASEAN lainnya.

Pada kesempatan kali ini, mahasiswa dari Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) UNESA berhasil menorehkan prestasinya pada ajang bergengsi tersebut. Kali ini tim sepak takraw yang berhasil memperoleh medali perak dan menduduki posisi juara ke II. Selain Indonesia, ada 4 negara lain yang ikut andil dalam pertandingan, yaitu Myanmar, Thailand, Laos, dan Malaysia. Dalam hal ini, mahasiswa beserta ofisial UNESA bergabung bersama beberapa mahasiswa dari Makasar, Riau, Padang, dan Jakarta untuk mewakili Indonesia. (ark)

.



Kejurnas III Petanque 2018

oleh: Admin      Tanggal: 06-11-2018      475 pembaca

Kejurnas III petanque 2018 yang dimulai pada tanggal 29 Oktober 2018 hingga 3 November 2018 berlangsung sangat meriah. ini kali pertamanya FIO UNESA menjadi tuan rumah untuk kejurnas petanque.kejurnas III petanque ini dihadiri sebanyak 19 kontingen, yaitu Aceh, Bali, Banten, DIY, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Papua, Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Sumatra Selatan.

Pada pertandingan kejurnas III petanque ini, dibagi menjadi 11 kategori, yaitu shooting men, shooting woman, single man, single woman, double men, double woman, double mix, triple men, triple woman, triple mix 2 men 1 woman, dan triple mix 2 woman 1 man. Para atlit dari 19 kontingen saling beradu skill disetiap kategori untuk memperebutkan posisi pertama dan medali emas.

Posisi pertama diraih oleh tim petanque dari Sulawesi Selatan dengan perolehan medali 2 emas, 2 perak, dan 2 perunggu. Disusul oleh jambi pada posisi kedua dengan perolehan medali 2 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Posisi tiga ditempati oleh kontingen dari DKI Jakarta dengan perolehan medali 2 emas, dan 3 perunggu.

Medali emas pertama Sulsel ini dipersembahkan melalui atletnya, Zaky, di nomor Single Man. Tak hanya di nomor Singel Man, Sulsel juga menambah pundi-pundi medalinya setelah merebut perunggu pada nomor Single Women melalui atletnya, Ramlah.

Dilansir wikipedia, Petanque awalnya merupakan permainan tradisional asal Prancis yang tujuannya melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonet. Kaki pelempar juga harus berada di dalam lingkaran kecil yang sudah ditentukan.

 

 

.



Meriahnya acara Hari Olahraga Nasional 2018 dan Pembukaan Dies Natalis Unesa yang ke-54

oleh: Admin      Tanggal: 15-10-2018      1361 pembaca

Tanggal 7 Oktober 2018, minggu pagi, Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) merayakan hari olahraga nasional (HAORNAS). Acara yang dilaksanakan di danau Unesa Lidah wetan, tepatnya di depan gedung rektorat Unesa, dihadiri oleh rektor beserta petinggi universitas lainnya, tendik, mahasiswa, dan juga masyarakat umum. Acara HAORNAS dibuka oleh Prof. Dr. H. Nurhasan, M.Kes. selaku Rektor Unesa. Selain membuka acara peringatan HAORNAS, Rektor juga membuka acara peringatan Dies Natalis Unesa Ke-54.

Acara HAORNAS kali ini diramaikan dengan berbagai macam acara, mulai dari perlombaan jalan sehat, fun walks, fun walsenam pagi, orkes, dan yang tak kalah menarik adalah acara pengundian hadiah.

panasnya terik matahari tak menyurutkan semangat para peserta HAORNAS untuk mengikuti acara hingga selesai. disela-sela pengundian kupon hadiah, para peserta disuguhi dengan orkes melayu, "New Kampret". Para peserta dengan semangat bergoyang mengikuti alunan musik yang dibawakan oleh New Kampret.

.



Selamat Kepada Tendik FIO UNESA Atas Capaian Prestasi Sebagai Tendik Berprestasi Selingkup UNESA

oleh: Admin      Tanggal: 20-08-2018      2470 pembaca

Pada perhelatan upacara hari kemerdekaan indonesia yang ke 73 tanggal 17 agustus 2018 kemarin, Rektor UNESA memberikan penghargaan kepada dosen dan tendik yang berprestasi di lingkungan UNESA.

2 (dua) pemenang penghargaan sebagai tendik berprestasi diraih oleh staff dari Fakultas Ilmu Olahraga, yaitu Purwanto,S.E, dan Mutty Hariyati,S.SOS. 

Selamat kepada kedua tendik dari FIO UNESA, semoga prestasi yang dicapai dapat memberikan semangat kepada dosen ataupun tendik lainnya.

Salam Olahraga

 

.



Selamat Atas Dilantiknya Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes Sebagai Rektor Unesa periode 2018-2022

oleh: Admin      Tanggal: 19-08-2018      2356 pembaca

Bertempat di Auditorium Lantai 2 Gedung Kemenristek Dikti, Jalan Pintu 1 Senayan, Jakarta, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Negeri Surabaya Periode 2018-2022 yang dipimpin langsung oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Ucapan terima kasih banyak diberikan oleh seluruh sivitas akademika Unesa kepada Rektor Unesa Periode 2014-2018, Prof. Dr. Warsono, M.S., atas dedikasi dan pengabdiannya untuk memajukan Unesa. Serta mengucapkan selamat dan sukses untuk Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., semoga dapat meneruskan pengabdian pemimpin terdahulu demi membangun Unesa menjadi perguruan tinggi yang unggul dan yang terbaik

.



93 Mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga diYudisium pada yudisium ke-2

oleh: Admin      Tanggal: 07-08-2018      925 pembaca

93 mahasiswa dari 3 jurusan Fakultas Ilmu Olahraga UNESA dinyatakan lulus dalam yudisium ke-2 yang dilaksanakan di lantai 3 auditorium FIO, jumat (3/8) siang.Pada acara yudisium ini dihadiri oleh senat,kaprodi dan juga para dosen dari masing-masing jurusan

Acara dibuka oleh dekan fakultas ilmu olahraga yang kemudian dilanjutkan dengan prosesi pembacaan nama-nama mahaiswa yang lulus dari masing-masing jurusan dan penyerahan surat kelulusan oleh dekan.

Setelah prosesi penyerahan surat kelulusan kepada mahasiswa masing-masing jurusan, dilanjutkan dengan prosesi penyerahan sertifikat kepada 3 mahasiswa peraih IP tertinggi yakni Mochammad Chafid Wahdani dari jurusan pendidikan olahraga, Wahyu Widodo dari jurusan pendidikan kepelatihan olahraga, dan Briansyah Bhaskoro Derrydamawan dari jurusan pendidikan kesehatan dan rekreasi. dan sebagai pamuncak fakultas ilmu olahraga diraih oleh Mochammad Chafid Wahdani.

acara yudisium pun berlangsung khidmat dan ditutup dengan ramah tamah dan foto bersama.

.



Pelantikan Ormawa FIO Periode 2018

oleh: Admin      Tanggal: 25-04-2018      1815 pembaca

Mahasiswa dan anggota ORMAWA mengadakan acara pelantikan calon anggota organisasi mahasiswa. acara yang dilaksanakan pada tanggal 10 april 2018 tersebut dihadiri oleh mahasiswa, anggota ORMAWA lama beserta calon anggota ORMAWA yang baru, ketua jurusan, dosen, KABAG dan KASUBAG, tendik,dan juga Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Acara yang dilaksanakan di auditorium FIO lantai 3 tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan indonesia, yang kemudian diikuti dengan menyanyikan lagu mars dan hymne UNESA. Setelah menyanyikan lagu kebangsaan indonesia beserta mars dan hymne, acara pelantikan ormawa kemudian dibuka oleh Bpk.Arif Bulqini, M.Kes. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Setelah prosesi pembukaan, acara kemudian dilanjutkan dengan prosesi pemasangan badge oleh Bpk.Arif Bulqini, M.Kes. Dalam kesempatan ini Bpk.Arif Bulqini, M.Kes dibantu mahasiswa melakukan pemasangan badge di masing-masing almamater calon anggota BEM,HIMA, dan DPM sebagai tanda bahwa mereka secara resmi telah dilantik menjadi anggota ORMAWA yang baru.

Rangkaian acara kemudian berlanjut ke pembacaan nama-nama anggota pendamping kemahasiswaan tingkat fakultas, tingkat jurusan, anggota BEM, anggota HIMA, dan anggota DPM yang diberhentikan secara terhormat dan juga nama-nama anggota ORMAWA baru.Anggota-anggota ORMAWA baru yang dibacakan namanya tersebut merupakan mahasiswa-mahasiswi yang terpilih pada saat pemilihan umum raya.

Para anggota-anggota yang terpilih resmi dilantik dan diambil sumpah di hadapan Ketua Jurusan, Kepala Bagian, dan juga Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Pembacaan sumpah dibacakan oleh Bpk.Arif Bulqini, M.Kes. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yang diikuti oleh anggota ORMAWA dan seluruh mahasiswa yang mengikuti acara pelantikan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua BEM baru, Moh.Rizal Arifin. Dan sambutan terakhir  oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Bpk. Arif Bulqini, M.Kes.

Acara pelantikan ORMAWA ditutup dengan prosesi foto bersama.

.