Berita Fakultas




Kejurnas III Petanque 2018

oleh: Admin      Tanggal: 06-11-2018      179 pembaca

Kejurnas III petanque 2018 yang dimulai pada tanggal 29 Oktober 2018 hingga 3 November 2018 berlangsung sangat meriah. ini kali pertamanya FIO UNESA menjadi tuan rumah untuk kejurnas petanque.kejurnas III petanque ini dihadiri sebanyak 19 kontingen, yaitu Aceh, Bali, Banten, DIY, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Papua, Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Sumatra Selatan.

Pada pertandingan kejurnas III petanque ini, dibagi menjadi 11 kategori, yaitu shooting men, shooting woman, single man, single woman, double men, double woman, double mix, triple men, triple woman, triple mix 2 men 1 woman, dan triple mix 2 woman 1 man. Para atlit dari 19 kontingen saling beradu skill disetiap kategori untuk memperebutkan posisi pertama dan medali emas.

Posisi pertama diraih oleh tim petanque dari Sulawesi Selatan dengan perolehan medali 2 emas, 2 perak, dan 2 perunggu. Disusul oleh jambi pada posisi kedua dengan perolehan medali 2 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Posisi tiga ditempati oleh kontingen dari DKI Jakarta dengan perolehan medali 2 emas, dan 3 perunggu.

Medali emas pertama Sulsel ini dipersembahkan melalui atletnya, Zaky, di nomor Single Man. Tak hanya di nomor Singel Man, Sulsel juga menambah pundi-pundi medalinya setelah merebut perunggu pada nomor Single Women melalui atletnya, Ramlah.

Dilansir wikipedia, Petanque awalnya merupakan permainan tradisional asal Prancis yang tujuannya melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonet. Kaki pelempar juga harus berada di dalam lingkaran kecil yang sudah ditentukan.

 

 

.



Meriahnya acara Hari Olahraga Nasional 2018 dan Pembukaan Dies Natalis Unesa yang ke-54

oleh: Admin      Tanggal: 15-10-2018      996 pembaca

Tanggal 7 Oktober 2018, minggu pagi, Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) merayakan hari olahraga nasional (HAORNAS). Acara yang dilaksanakan di danau Unesa Lidah wetan, tepatnya di depan gedung rektorat Unesa, dihadiri oleh rektor beserta petinggi universitas lainnya, tendik, mahasiswa, dan juga masyarakat umum. Acara HAORNAS dibuka oleh Prof. Dr. H. Nurhasan, M.Kes. selaku Rektor Unesa. Selain membuka acara peringatan HAORNAS, Rektor juga membuka acara peringatan Dies Natalis Unesa Ke-54.

Acara HAORNAS kali ini diramaikan dengan berbagai macam acara, mulai dari perlombaan jalan sehat, fun walks, fun walsenam pagi, orkes, dan yang tak kalah menarik adalah acara pengundian hadiah.

panasnya terik matahari tak menyurutkan semangat para peserta HAORNAS untuk mengikuti acara hingga selesai. disela-sela pengundian kupon hadiah, para peserta disuguhi dengan orkes melayu, "New Kampret". Para peserta dengan semangat bergoyang mengikuti alunan musik yang dibawakan oleh New Kampret.

.



Selamat Kepada Tendik FIO UNESA Atas Capaian Prestasi Sebagai Tendik Berprestasi Selingkup UNESA

oleh: Admin      Tanggal: 20-08-2018      2193 pembaca

Pada perhelatan upacara hari kemerdekaan indonesia yang ke 73 tanggal 17 agustus 2018 kemarin, Rektor UNESA memberikan penghargaan kepada dosen dan tendik yang berprestasi di lingkungan UNESA.

2 (dua) pemenang penghargaan sebagai tendik berprestasi diraih oleh staff dari Fakultas Ilmu Olahraga, yaitu Purwanto,S.E, dan Mutty Hariyati,S.SOS. 

Selamat kepada kedua tendik dari FIO UNESA, semoga prestasi yang dicapai dapat memberikan semangat kepada dosen ataupun tendik lainnya.

Salam Olahraga

 

.



Selamat Atas Dilantiknya Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes Sebagai Rektor Unesa periode 2018-2022

oleh: Admin      Tanggal: 19-08-2018      2124 pembaca

Bertempat di Auditorium Lantai 2 Gedung Kemenristek Dikti, Jalan Pintu 1 Senayan, Jakarta, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Negeri Surabaya Periode 2018-2022 yang dipimpin langsung oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Ucapan terima kasih banyak diberikan oleh seluruh sivitas akademika Unesa kepada Rektor Unesa Periode 2014-2018, Prof. Dr. Warsono, M.S., atas dedikasi dan pengabdiannya untuk memajukan Unesa. Serta mengucapkan selamat dan sukses untuk Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., semoga dapat meneruskan pengabdian pemimpin terdahulu demi membangun Unesa menjadi perguruan tinggi yang unggul dan yang terbaik

.



93 Mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga diYudisium pada yudisium ke-2

oleh: Admin      Tanggal: 07-08-2018      761 pembaca

93 mahasiswa dari 3 jurusan Fakultas Ilmu Olahraga UNESA dinyatakan lulus dalam yudisium ke-2 yang dilaksanakan di lantai 3 auditorium FIO, jumat (3/8) siang.Pada acara yudisium ini dihadiri oleh senat,kaprodi dan juga para dosen dari masing-masing jurusan

Acara dibuka oleh dekan fakultas ilmu olahraga yang kemudian dilanjutkan dengan prosesi pembacaan nama-nama mahaiswa yang lulus dari masing-masing jurusan dan penyerahan surat kelulusan oleh dekan.

Setelah prosesi penyerahan surat kelulusan kepada mahasiswa masing-masing jurusan, dilanjutkan dengan prosesi penyerahan sertifikat kepada 3 mahasiswa peraih IP tertinggi yakni Mochammad Chafid Wahdani dari jurusan pendidikan olahraga, Wahyu Widodo dari jurusan pendidikan kepelatihan olahraga, dan Briansyah Bhaskoro Derrydamawan dari jurusan pendidikan kesehatan dan rekreasi. dan sebagai pamuncak fakultas ilmu olahraga diraih oleh Mochammad Chafid Wahdani.

acara yudisium pun berlangsung khidmat dan ditutup dengan ramah tamah dan foto bersama.

.



Pelantikan Ormawa FIO Periode 2018

oleh: Admin      Tanggal: 25-04-2018      1601 pembaca

Mahasiswa dan anggota ORMAWA mengadakan acara pelantikan calon anggota organisasi mahasiswa. acara yang dilaksanakan pada tanggal 10 april 2018 tersebut dihadiri oleh mahasiswa, anggota ORMAWA lama beserta calon anggota ORMAWA yang baru, ketua jurusan, dosen, KABAG dan KASUBAG, tendik,dan juga Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Acara yang dilaksanakan di auditorium FIO lantai 3 tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan indonesia, yang kemudian diikuti dengan menyanyikan lagu mars dan hymne UNESA. Setelah menyanyikan lagu kebangsaan indonesia beserta mars dan hymne, acara pelantikan ormawa kemudian dibuka oleh Bpk.Arif Bulqini, M.Kes. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Setelah prosesi pembukaan, acara kemudian dilanjutkan dengan prosesi pemasangan badge oleh Bpk.Arif Bulqini, M.Kes. Dalam kesempatan ini Bpk.Arif Bulqini, M.Kes dibantu mahasiswa melakukan pemasangan badge di masing-masing almamater calon anggota BEM,HIMA, dan DPM sebagai tanda bahwa mereka secara resmi telah dilantik menjadi anggota ORMAWA yang baru.

Rangkaian acara kemudian berlanjut ke pembacaan nama-nama anggota pendamping kemahasiswaan tingkat fakultas, tingkat jurusan, anggota BEM, anggota HIMA, dan anggota DPM yang diberhentikan secara terhormat dan juga nama-nama anggota ORMAWA baru.Anggota-anggota ORMAWA baru yang dibacakan namanya tersebut merupakan mahasiswa-mahasiswi yang terpilih pada saat pemilihan umum raya.

Para anggota-anggota yang terpilih resmi dilantik dan diambil sumpah di hadapan Ketua Jurusan, Kepala Bagian, dan juga Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Pembacaan sumpah dibacakan oleh Bpk.Arif Bulqini, M.Kes. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yang diikuti oleh anggota ORMAWA dan seluruh mahasiswa yang mengikuti acara pelantikan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua BEM baru, Moh.Rizal Arifin. Dan sambutan terakhir  oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Bpk. Arif Bulqini, M.Kes.

Acara pelantikan ORMAWA ditutup dengan prosesi foto bersama.

.



E-Voting Pada PEMIRA Fakultas Ilmu Olahraga UNESA 2018

oleh: Admin      Tanggal: 27-03-2018      1760 pembaca

Surabaya, BEM FIO Unesa menyelenggarakan PEMIRA mulai pukul 08.00 s/d 16.00 wib tanggal 26 Maret 2018, bertempat di masing-masing jurusan Fakultas Ilmu Olahraga UNESA, Pemilihan Umum Raya atau disingkat PEMIRA untuk memilih Ketua dan Wakil BEM, DPM Jurusan, dan Ketua dan Wakil HIMA tiap jurusan telah dilanksanakan.

PEMIRA kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini pemilihan umum tidak menggunakan kertas, akan tetapi sudah beralih menggunakan sistem informasi, yaitu E-Voting.

Dengan menggunakan sistem ini, pemilih tinggal mendapatkan pin registrasi yang digunakan untuk login kedalam sistem, kemudian pemilih dapat memilih pasangan calon (PASLON) yang tersedia.

Harapan dari penerapan E-voting ini  selain paperless adalah perhitungan suara yang cepat (Quick Count), kerahasiaan data pemilih, dan kemudahan dalam memilih karena bisa menggunakan masing-masing gadget pribadi asalkan telah registrasi dan mendapatkan pin.

Mulai tahun ini dan kedepan, PEMIRA akan dilaksanakan via sistem E-Voting terang Kasubag Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni FIO Unesa.

.



Quick Count hasil PEMIRA FIO UNESA 2018

oleh: Admin      Tanggal: 27-03-2018      1786 pembaca

Surabaya, Hasil Quick Count hasil PEMIRA FIO UNESA secara resmi di sampaikan oleh ketua KPU pada pukul 19.00 WIB, pengumuman hasil dari PEMIRA di sampaikan oleh Kasubag Akademik, Kemahsiswaan dan Alumni  di ruang Dekan untuk mejaga netralitas hasil PEMIRA setelah mendapat persetujuan Ketua KPU.

Hasil dari Quick Count tersebut disaksikan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni beserta anggota KPU, dan saksi masing masing TPS. Hasil dari quick count merupakan hasil Final, dan jumlah suara dicroscek dengan data jumlah pemilih. 

 

.



Penyuluhan dan Imunisasi Difteri Mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga

oleh: Admin      Tanggal: 15-03-2018      866 pembaca

Surabaya, Dalam rangka menyukseskan program pemerintah Fakultas Ilmu Olahraga Unesa melaksanakan kegiatan Penyuluhan dan Imunisasi Defteri yang berkerjasama dengan Departemen Kesehatan Kota Surabaya dalam kegiatan ini. Difteri adalah infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta terkadang dapat mempengaruhi kulit. Penyakit ini sangat menular dan termasuk infeksi serius yang berpotensi mengancam jiwa. begitulah yang disampaikan oleh teman-teman dari Dinas Kesehatan dan dari Puskesmas Lontar surabaya.

Dalam kegiatan ini, tepatnya tanggal 15 maret 2018. FIO mengundang mahasiswa dari 3 jurusan untuk mengikuti acara penyuluhan mengenai difteri. selain penyuluhan, mahasiswa juga mendapatkan imunisasi difteri. total ada 292 peserta mahasiswa yang mengikuti penyuluhan dan imunisasi difteri kemarin.

Ketua Tim  Dinas Kesehatan Kota Surabaya yang mengatakan bahwa imunisasi ini akan dilakukan 3x dalam tahun ini, dan hari ini merupakan tahap 1, ujarnya.

.



SELAMAT & SUKSES YUDISIUM KE-1 FIK UNESA TAHUN 2018

oleh: Admin      Tanggal: 14-03-2018      693 pembaca

Surabaya, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya, tanggal 9 Maret 2018, telah meyudisium Mahasiswa Jenjang S1 sejumlah 86 Yudisiawan terdiri dari Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi berjumlah 20 Yudisiawan, Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga berjumlah 30 Yudisiawan dan Prodi Ilmu Keolahragaan sejumlah 36 Yudisiawan. 

Untuk mahasiswa pamuncak dari tiap jurusan, diraih oleh Obaja Pandu Wicaksono dari jurusan pendidikan olahraga dengan IPK 3,784. Dari jurusan pendidikan dan kepelatihan olahraga diraih oleh Ainul Ghurri dengan IPK 3,788. Dan dari jurusan pendidikan kesehatan dan rekreasi diraih oleh Mochamad Zulfial Rizky dengan IPK 3,792.

Dan untuk pamuncak tingkat fakultas, diraih oleh Mochamad Zulfial Rizky dengan IPK 3,792.

Selamat dan Sukses untuk para yudisiawan.

.