Detail Berita





TABACO: Tas Limbah Shuttlecock Karya Mahasiswa Unesa


oleh: Admin      Tanggal: 22-06-2019      259 pembaca

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah salah satu program Belmawa Kemenristekdikti yang dapat mengembangkan ide – ide kreatif dari mahasiswa. Program tersebut mencakup beberapa bidang salah satunya PKM Kewirausahaan (PKM-K).

Seorang mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) yang terdiri dari Dita Septiara Wulandari (2018), Fikratinnisa (2018), Timur Wedaring Wacana (2017), Silfiana Putri (2017), serta Lindah Tri Amanat Sari (2018), dibawah bimbingan Andhega Wijaya, S.Pd.Jas., M.Or. Mendapatkan hibah dari Belmawa Kemenristekdikti melalui PKM-K yang dibuatnya karena menciptakan sebuah inovasi kreatif yakni dengan membuat tas yang berornamen limbah shuttlecock yang didesain unik dengan model tren masa kini yang dikenal dengan merk “Tabaco”

Tabaco memiliki beberapa keunggulan selain bahan utamanya yang ramah lingkungan harganya pun juga murah dibandingkan dengan kompetitor-kompetitor lain. Tabaco dipatok dengan harga 100 sampai 150 ribu rupiah. Keunggulan yang lainnya yakni dari desain dan warna Tabaco yang unik dan menarik.

Ketua Tim Tabaco, Dita mengungkapkan bahwa ide tersebut muncul karena melihat peluang semakin banyaknya limbah shuttlecock karena antusiasme masyarakat terhadap olahraga bulu tangkis setelah terselenggaranya acara Asean Games 2018. 

Selain itu Dita juga mengungkapkan bahwa berwirausaha dijaman sekarang sangatlah mudah, banyak media yang dapat dijadikan sebagai sarana untuk memasarkan produk apalagi sebuah tas.
Silfi selaku anggota tim menggungkapkan bahwa Tabaco memiliki 4 model tas yang dapat dipilih oleh konsumen yakni handbag (belana), tas lingkaran (micosa), pouch (cotta) dan slingbag (livya).

Untuk memesan tas Tabaco dapat melalui Whatsapp: 081233557950 dan Instagram @Tabaco.id

.


Kembali